Dalam kehidupan sehari-hari sering kita mendengar kata-kata pebisnis. Orang menganggap para pebisnis biasanya orang yang mempunyai uang banyak, berlimpah ruah apapun yang menjadi keinginannya selalu tercapai serta anggapan-anggapan yang lain. Kesalahan kita adalah selalu memandang orang ketika sudah sukses tanpa ingi mengetahui proses hingga dia menjadi sukses. Dalam berbisnistidak mungkin seseorang langsung sukses apalagi tanpa rugi. Lihan, salah satu pengusaha berlian dari Kalimantan timur berkata,” seseorang pebisnis itu sama dengan orang belajar sepeda. Semakin banyak dia terjatuh serta dia bangkit dari jatuhnya itu maka kesuksesan punakan menantinya”. Yang terpenting memiliki kesungguhan dalam menekuni bisnisnya karena diligence is the first step toward success.
Seorang entrepreneur bisnis pernah menyampaikan dalam seminarnya,” ketika seseorang bayi belajar berjalan dan terjatuh lalu tidka bangun lagi maka yang terjadi dia tidak akan pernah bias berjalan” artinya para pebisnis selalau mempunyai keyakinan yang kuat akan bisnisnya dab selalu mecoba dan mencoba hingga menuju gerbang kesuksesan. Kalau kita berkaca kepada bill keyakinan maka yang akan terjadi adalah keyakinan. Mungkin yangs sering menonton bola pasti pernah mendengar nama besar Roman Abramovich. Seorang pengusaha berlian dan pemilik klub Chelsea. Siapa yang tidak kenal klub sebesar Chelsea yang memiliki asset hingga milyaran atau bahkan triliunan rupiah. Namun apakah dia bersekolah hingga tingkat master atau doctor. Tentunya jawabannnya ridak. Pada hakikatnya bangku kuliah (nilai IP. Red) tidak menentukan seseorang itu cerdas dan sukses. Ukurannya seberapa jauh dia bias menerpa dunia. Kita tahu bahwa IQ itu hanya 6 % sedangkan sisanya milik EQ dan SQ. menurut Ary Giananjar Agustin dalam bukunya ESQ Power, rata-rata orang yang ber-IQ tinggi cenderung menyendiri, egois, dan tidak berperasan. Cukup banyak orang ber-IQ tngggi namun memiliki EQ di  bawh rata-rata kurang berhasil dalam pekerjaan dan pribadi hidupnya.
Otak merupakan center kecerdasan manusia. Organ tubuh manusia ini memiliki peranan penting dalam segala kegiatan seseorang. Tanpa kita sadari ternyata otak manusia memiliki kesamaaan dengan jumlah asteroid yang ada di galaksi bima sakti. Dalam hal ini jumlah syaraf otka pada manusia adalah 100 miliar, subhanallah. Sungguh mengagumkan ciptaan Allah yang ada pada diri pribadi manusia. Jika seseorang dapat memfungsikan dengan baik maka akan muncul kekuatan dahsyat dari dalam dirinya. Begitu pula sebaliknya.
Otak ini memiliki kecanggihan yanglebih tinggi dari computer. Ketika kita mengoperasikan computer misalnya MS Word, di dalamnya terdapat barbagai jenis/macam tulisan mulai dari time new roman, arial. Selain itu juga mampumenyimpan file yang sangat banyak. Mengapa otak manusia diaktakan lebih hebat daripada computer? Karena yang menciptakan computer adalah manusia. Bahakn sekarang ini muncul laptop ataupun perangkat lain hingga mobil keluaran terbaru di jepang sudah menggunakan internet, yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Logikanya Allah menciptakan segala sesuatu yang ada di  bumi dan seisinya termasuk manusia. Adapun Allah sendiri memiliki kehebatan yang lebih dahsyat daripada ciptaannya. Bagaikan lautan dan tetesan air yang jatuh dari paruh burung.
Lalu yang menjadi permasalahan, apakah uang yang bias dijadikan rujukan seseorang dikatakan sukses dalam berbisnis? Kalau memang uang yang mengantarkan manusia meraih kesuksesan dalam hidup, mari kiat lihat beberapa realita yang ada. Presiden direktur Hyunda, merupakan pabrik yang bergerak di bidang pembuatan mobil. Bisa kita bayangkan berapa laba yang diperoleh? Namun presiden direkturnya sendiri mati bunuh diri dengan mengenaskan yaitu meloncat dari gedung pencakar langit. Serta seseorang top ekskutif Indonesia yang mati terbunuh dengan trjun dari sebuah apartremen berlantai 56. Peringatan ini juga Allah tegaskan dalam firmannya surat Thahaa 20 :124:
“dan barang siapa yang berpaling dari peringatan Allah maka sesunguhya baginya kehidupan yang sempit, dan kami akan mengumpulkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta”.
Ayat tesebut sunggguh jelas bahwa kesuksesan bukan berarti dari uang, contoh di atas merupakan contoh dari pebisnis kalangan atas. Kalau kita lihat dari sisi yang lain cukup banyak orang yang stress atau bahkan gila karena perusahaan yang di bangun hangus dilahap si ajgo merah. Sehingga mengalami kerugian hingga ratusan juta, atau orang yang habis di PHK hingga menjadi stress. Selain itu juga orang yang dengan susah payah mencari uang untuk modal usahanya setelah bisnis yang ditekuni dilaksanakan mengalami kegagalan, Maka dia stress.
Soichro, pendiri Honda motor adalah pemimpin 43 perusahaan dari 28 negara. Dia lebih memilih hidup sederhana dengan rumah yang tidak mewah. Bahkan dia mewariskan kepada anak-anaknya agar sanggup berusaha sendiri dan hidup mandiri. Sebut lagi, Konosuke, pemimpin bisnis raksasa kelas dunia. Dia meninggal dalam usia 94 tahun dengan motto bisnisnya “life isn’t only for bread”, artinya hidup bukanlah sekedar untuk sepotong roti.
Seorang pebisnis yang selalu mengejar uang sebagai tujuan utamanya bukanlah atas dasar mendekatkan diri kepada Allah maka dunia akan terus mempermainkannya dengan segala cara. Sama dengan orang yang di kala dia mendekat kepada lampu yang akan terjadi adalah bayangannya lebih panjang dari bendanya. Begitu pula orang yang memebelakangi lampu maka bayangannya akan lebih pendek dari bendanya. Ilustrasi dia atas menggambarkan ketika seseorang mendekat kepada Allah otomatis dunia akan terus mendampinginya. Begitu pula dengan orang yang menjadikan Allah sebagai tujuan utamanya maka dunia akan terus memeprmainkannya.
Banyak bukti orang yang menjadkan sukses di jalan Allah. Pada zaman rosullah juga terdapat pebisnis hebat seperti utsman bin affan. Sahabat nabi yang satu ini merupakan pebisnis terkaya di masa rosullah. Disamping beliau bekerja keras juga menyerahkan segala sesuatunya kepada Allah dan selalu mendekat kepada-Nya. Terbukti ketika itu utsman bin affan menyumbangkan beberapa ratus unta untuk menegakkan syari’at islam di zamannya.
Contoh lain dari  para pebisnis adalah seorang pengusaha berlian asal Kalimantan timur. Beliau adalah seorang pebisnis hebat yang memiliki penghasilan rat-rata 15 miliar/bulan. Salah kehebatannya adalah beliau tidak memiliki kecakapan dalam berbicara yang biasanya dimiliki  oleh para pebisnis dalam mempromosikan produknya. Untuk menarik konsumen, beliau dalam seminarnya berkata bahwa kesuksesan yang diperoleh kareana kedermawanannya kepada orang yang membutuhkan serta juga beliau pernah mengatakan,”lebih baik saya mem-PHK official employee yang ada.
Salah satu hikmah yang diperoleh ust.Lihan karena kedermawanannya sebagaimana tertulis dalam buku”ustadz pun juga bias menjadi pengusaha”. Disaat beliau mau mengadakan acara seminar di TMII, beberapa kali panitia terus menghubungi beliau untuk meminta biaya sebesar 200 juta. Tetapi kenyataanya, tidak mempunyai uang. Namun apa yang terjadi, beliau mencoba-coba membuka ATM dan ternyata subhanallah, dalam ATM nya terdapat uang senilai 1 miliar rupiah. Ust. Lihan seolah-olah tidak percaya karena tidak ada pengirim (pengirimnya gelap). Satu hari berikutnya beliau cek algi di ATMnya dan ternyata nikmat Allah dating kembali yaitu terisi uang lagi senilai 1 miliar rupiah. Apdahal biaya yang dibutuhkan adalah 200 juta. Inilah imbalan bagi orang-orang yang tertanam sifat dermawan.
Pada hakikatnya para pebisnis bias mencapai kesuksesan karena kemampuan mengembangkan spiritual (SQ) dengan maksimal. Sebab dalam SQ akan membuat orang terlempar hingga tercaapinya kesuksesan yang diimpikan. Memang yang menjadikan kesuksesan orang itu terletak pada IQ dan EQ. namun yang menentukan adalah SQ karena kita tahu hubungannya dengan Allah baik itu yang menguntungkan maupun merugikan dengan symbol 1 maka yang aka terjadi adalah taj terhingga, yaitu akan menghasilkan sesuatu yang tak terbayangkan. Inilah yang sering disebut rezeki tak terduga. Seperti kisah sukses dari pebisnis Aburiza Bakrie, seorang pengusaha kaya di negeri ini. Beliau sukses karena kepedulian yang sangat tinggi terhadap orang yang telah melahirkan ke dunia. Semoga kita dapat mengambil hikmah dan manfaat dari kisah sukses para pebisnis sukses. Amin.
Dalam matematika terdapat rumus 1 per o  sama dengan tak terhingga. Rumus ini mengandung nilai yang sangat berarti dalam islam. Yaitu ketika seseorang bekerja keras dengan kemampuan yang maksimal mulai dari IQ hingga EQ.dengan symbol 0. Setelah itu



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer