Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap manusia pasti akan menemui suatu kegagalan dalam hidupnya. Kegagalan tersebut bisa datang dari pribadi seseorang maupun kelompok. Misalnya, kegagalan para polisi, jaksa dan penegak hukum yang lain dalam mengatasi beberapa kasus yang terjadi, salah satunya adalah mafia pajak Gayus Tambunan yang dari beberapa bulan yang lalu hingga sekarang belum selesai. Kasus ini dinilai gagal dalam penanganannya karena penegak hukumnya sendiri juga terlibat di dalamnyaHal ini bukanlah akhir dari segala-galanya karena “kegagalan adalah awal dari keberhasilan”. pepatah ini dapat dapat dijadikan motivasi bagi orang-orang yang mengalami kegagalan. Meski hanya terdiri dari beberapa kata namun memiliki nilai filosofis yang sangat besar.
Seseorang kurang memahami hal ini karena mereka terlalu mengangap remeh pepatah tersebut. akibatnya, setiap kegagalan yang dialami selalu dipandang negatif dan cenderung menyalahkan orang yang terlibat di dalamnya. Selain itu, semua kegagalan yang dialami selalu direnungi bukan dikerjakan. Padahal, kegagalan merupakan cambukan untuk melakukan suatu perubahan yang akan menuai keberhasilan di masa mendatang.
Untuk menjadi orang yang berhasil diperlukan pemahaman terhadap yang mendalam pada nilai-nilai yang ada dalam pepatah di atas. Adapun tujuh nilai yang dapat diambil adalah sebagai berikut :
Pertama, pandanglah kegagalan itu sebagai pengalaman yang sangat berharga. Seperti yang tertulis dalam setiap buku tulis “experience in the best teacher” (pengalaman adalah guru yang terbaik). Dengan ini, kita akan selalu intropeksi diri untuk melakukan suatu perubahan besar hingga menuai keberhasilan. Selain itu, percalah bahwa masih ada kesempatan lain untuk berbuat
Kedua, walaupun kita gagal, yang berhasil belum tentu lebih baik. Sebab, dalam hidup ini segala sesuatunya, baik kompetisi, permainan maupun yang lain belum tentu bersifat mutlak dan fair ( berjalan secara adil).
Selain itu, kalau seandainya mereka lebih baik, pasti tidak akan lebih baik dari segala hal. Karena, setiap manusia pasti ada kelebihan dan juga kekurangan dalam dirinya. Boleh jadi, kita gagal dalam satu bidang. Tetapi dalam bidang lain, kita belum tentu gagal. Misalnya, dalam permainan catur, dan lain-lain.
Ketiga, bersikap rasional. Dalam suatu kompetisi pasti ada yang berhasil dan ada juga yang gagal. Jadi, sangatlah wajar kalau seandainya anda gagal. Karena, kegagalan adalah awal dari segala yang dilakukan untuk langkah menuju masa depan yang lebih baik.
Keempat, dalam suatu kompetisi bukan semata-mata berhasil atau gagal melainkan bagaimana berkompetisi dengan baik. Apalah artinya suatu keberhasilan jika di dalamnya terdapat ketidakadilan, apalagi ada campur tangan pihak lain yang membuat anda gagal. Maka, berusaha untuk berkompetisi dengan baik merupakan bentuk semangat yang tinggi dan keeksistensian kita dalam kompetisi tersebut.
Kelima, pelajari suatu permainan atau kompetisi dimana kita mengalami kegagalan dan temukan solusi dari dari kegagalan itu. Tujuannya, supaya mengambil pelajaran. Kemudian menjadikannya sebagai awal untuk melakukan perubahan
Keenam, tidak perlu menjelek-jelekkan lawan karena hal itu tidak menunjukkan sportifitas dalam bermain. Kalau seandainya gagal, tidak perlu anda menjelek-jelekkan lawan dihadapan orang banyak atau menuduk lawan mendapat dukungan dari pihak lain. Hal ini merupakan suatu hal yang tidak perlu dilakukan oleh anda karena selain tidak menunjukkan sikap tidak sportif juga menimbulkan permusuhan diantara yang lain.
Selain itu, hadapilah dengan penuh ketenangan dan salam perdamaian. Janganlah anda merasa kesal, sedih atau bahkan depresi karena suatu kegagalan. Tetapi hadapilah semua itu dengan penuh senyuman. Dengan ini, berarti anda bersikap sportif dalam menerima segala sesuatu yang Alalh berikan
Ketujuh, kegagalan adalah cambukan dan pacuan untuk menjadi yang terbaik. Sebab, kegagalan bukan berarti akhir dari segala-galanya melainkan awal untuk meraih apa yang anda inginkan. Ambillah pengalaman dari kegagalan itu untuk suatu kompetisi tiada henti dan kemengan tiada akhir.



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer