PENDAHULUAN
Manusia adalah makhluk Allah yang paling sempurna diantara makhluk yang lainnya. Dalam kehidupannya di bumi ini mereka membutuhkan berbagai macam kebutuhan. Sehingga, dibutuhan ilmu ekonomi untuk merealisasikan secara islami. Dalam hal ini, kepuasan manusia tidak hanya diukur dari materi saja tetapi ada berbagai hal yang mereka butuhkan dalam mealngsungkan kehidupannya.
Bahkan dalam perusahaan pun dibutuhkan adanya ekonomi islam. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan seorang direktur dalam menggerakkan para karyawannya agar bekerja secara ikhlas, tulus dan tidak menggantungkan kepada gaji bulanan. Adapun berbagai masalah itu akan di bahas dalam pemaparan di bawah ini.
PEMBAHASAN
A.    Manusia Bukan Makhluk Fisiologis
Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, manusia harus berusaha diantaranya dengan bekerja. Banyak orang berpandangan bahwa seseorang akan semangat bekerja apabila dia di beri gaji yang tinggi. Artinya, semakin besar gaji yang diberikan maka semakin giat dalam bekerja. Pandangan inilah yang disebut makhluk fisiologis. Padahal, islam memamdang manusia secara keseluruhan/utuh bukan hanya sekedar fisiknya saja.
 sebagaimana dijelaskan oleh Abraham Maslow yang terkenal dengan teori kebutuhan maslow yaitu:
1.      Aktualisasi
2.      Harga diri
3.      Social
4.      Keamanan
5.      Kebutuhan fisiologis
Dalam teori ini kebutuhan fisiologis menempati posisi terbawah, sedangkan masih banyak lagi kebutuhan yang dibutuhkan manusia untuk kelangsungan hidup, sebagaimana terlihat dalam teori kebutuhan di atas.
Dalam islam, teori kebutuhan ini memiliki kekurangan yaitu menghilangkan konsep wahyu dalam kehidupan manusia. Padahal, tanpa adanya wahyu sebagai ujung tombak maka kehidupannya akan sering dirundung masalah, bahkan ketika usaha yang dibangun mengalami kemunduran maka yang terjadi adalah stress. Jadi, semua itu harus didasarkan kepada keikhlasan yang kuat. Dengan ikhlas inilah maka manusia akan mencapai tingkat ihsan. Sebagaimana Allah menjelaskan dalam al-Qur;an :
“sesungguhnya Aku menciptakan jin dan manusia hanya untuk beribadah kepada-Ku”.
Maka dari itu, hal yang perlu dilakukan adalah mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya. Dengan cara, memberikan training minimal seminggu sekali. Tujuannya, memotivasi mereka untuk mengeluarkan potensi puncak yang tersimpan dalam dirinya. Sebaiknya memilih presentator yang islami dan mahir dalam memotivasi seseorang. Sehingga, ketika mempresentasikan/memotivasi itu bisa dimasukkan nilai-nilai keislaman dalam bekerja.
B.     Cara Pandang Atasan Kepada Bawahan
Sekarang ini banyak direktur yang memandang karyawannya sebagai budak/pembantu, menyuruh karyawan dengan sekehendaknya sendiri. Bahkan hingga tindakan yang di luar pekerjaan. Akibatnya, penghasialn yang diperoleh kurang maksimal baik secara fisik amupun non fisik. Serta akan banyak timbul kegunjingan diantara karyawan yang lain. Bahkan reputasinya akan semakin menurun di mata karyawan-karyawannya.
Dalam islam, antara atasan dan bawahan statusnya, sama hanya saja atasan sebagai motivator kepada bawahan. Sedangkan bawahan sebagai candidat yang akan menggantikannya jabatannya. Sehingga, perlu adanya training kepada bawahannya untuk meningkatka kinerjanya. Seharusnya, seorang direktur/atasan memandang bawahannya sebagai calon penerus perusahaan yang harus dimotivasi untuk menjadi kader Islamic leader di masa yang akan datang.
Cara pandang pemimpin kepada bawahan sebagai pembantu dengan memandang sebagai caoln penerus perusahaan sangat beda. Jika seorang pemimpin memandang bawahan sebagai pembantu maka feeling yang diterima oleh bawahan seolah-olah memberatkan dalam hatinya dan menimbulkan suatu keterpaksaan jika tanpa gaji yang sesuai. Sedangkan pimpinan yang memandang bawahannya sebagai kader perusahaan maka akan timbul rasa keikhlasan dalam bekerja diantara keduanya.
 Maka dari itu seorang atasan bisa disebut dengan the great leader jika dia memberikan motivasi dan sentuhan nilai-nilai keislaman kepada karyawannya. Dalam artian akan timbul keikhlasan dalam bekerja dan tidak bergantung kepada jumlah uang/gaji yang diterima setiap bulannya.




Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer